Cara Memotong Video (Split) Membagi dua Video dengan Videopad

Bagaimana cara memotong atau membagi dua sebuah video dengan videopad. Memotong-motong video menjadi hal yang sangat dasar dari pembuatan sebuah film, lebih khusus untuk editor film.
Saat kita merekam/atau mengambil gambar, ada kalanya gambar yang tidak kita inginkan ikut dalam file yang kita rekam dengan masalah tersebut, pemotongan menjadi solusi untuk menghapus/membuang bagian video yang tidak kita inginkan.

Hanya dengan pemotongan yang baik anda dapat membuat video-video yang unik, dibawah ini penulis mengupload karya penulis untuk contoh video yang dipotong agar menghasilkan video layaknya video-video pesulap.

Cara Memotong Video (Split) Membagi dua Video dengan Videopad

CONTOH VIDEO HASIL PEMOTONGAN



Pada tutorial berikut kita akan belajar bagaimana cara memotong atau split (Membagi dua) sebuah video dengan software (Aplikasi) videopad, kenapa penulis menggunakan videopad ? mungkin teman-teman sekalian harus mengetahui kelebihan daripada videopad di artikel berikut
Memotong sebuah video menjadi hal yang sangat penting dalam pembuatan film, dalam proses pembuatan film, pemotongan yang baik akan menghasilkan sebuah transisi di dalam film menjadi lebih halus, dan sebaliknya jika kita memotong sebuah video pada durasi yang salah, perpindahan dari video yang satu ke video yang lain akan terlihat kasar. Lalu bagaimana tekni memotong dengan baik?

Teknik memotong video dalam aplikasi Videopad editor dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Tekni memotong dengan memanfaatkan fitur bawaan dari videopad, dengan kata lain fitur ini memang di buat untuk memotong sebuah video.
  2. Tekni kedua, kita dapat memanfaatkan fitur Split dari Videopad Editor, Fungsi Split sebenarnya untuk membagi dua sebuah video, namun tentu dengan fitur Split kita juga dapat menjadikannya sebagai pemotong video
  3. Untuk tekni ketiga kita memanfaatkan fitur Timeline dari videopad, dimana didlam timeline kita dapat dengan mudah menggeser sebuah media yang akan kita rubah durasinya. Sederhananya kita memotong video dengan memanfaatkan fitur yang berfungsi untuk mengatur durasi media.

Pada tulisan ini, kita akan belajar memotong video dengan tekni yang kedua, Ok langsung saja berikut tutorial memotong/split sebuah video didalam videopad.

TUTORIAL MEMOTONG/SPLIT VIDEO BAGIAN 2

  • Pertama-tama tentunya buka Aplikasi videopad editor dan siapkan video yang akan kita potong
  • Add Media atau masukan video yang akan kita edit kedalam videopad, dalam contoh ini penulis akan menambahkan video “Cara menanam padi di Jepang”. Pilih Add Media, lalu pilih video yang akan kita edit, kemudian klik Open.

    Sebagai tutorial tambahan, cara paling mudah untuk menambah media yang akan kita edit dengan videopad dengan cara Drag and Drop, buka folder tempat anda menyimpan media yang akan kita tambahkan kedalam videopad, lalu Klik kiri + Tahan pada media tersebut, kemudian geser kedalam videopad, atau teman-teman bisa melihat gambar dibawah ini

    Cara memasukan video/photo kedalam videopad
  • Lanjut, setelah media sudah kita buka di videopad, tentunya kita masukan media tersebut kedalam lembar kerja kita (Timeline).
  • Aktifkan video yang akan kita edit, caranya klik kiri pada video tersebut yang telah kita tambahkan kedalam Timeline, otomatis video tersebut akan aktif
  • Setelah itu, tentukan terlebih dahulu bagian mana yang akan kita pertahankan dari video, dan bagian mana yang akan kita buang/potong.
  • Setelah kita tau mana yang akan kita pertahankan dan mana yang akan kita potong, pertama kita akan menentukan awal dari video kita/titik star video kita, Klik kiri pada Sequence untuk mengatur durasi keberapa yang akan kita potong, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini

  • Akan muncul kotak box baru, masukan durasi yang telah kita tentukan untuk memotong video didalam kotak Sequence Position, lalu klik OK, dalam tutorial ini saya akan memotong video tersebut pada menit ke 3 lewat 37 detik.

    Cara Memotong Video (Split) Membagi dua Video dengan Videopad
  • Setelah selesai menentukan durasi dimana kita akan memotong video, Klik kiri pada SPLIT pada bagian Video track lebih tepatnya disamping kiri, atau lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini
    Tutorial VIdeopad memotong video
  • Sampai disini, video kita telah terpotong atau terbagi menjadi dua bagian, dimana bagian kedua adalah bagian yang akan saya pertahankan dan bagian pertama yang akan saya hapus. Setelah kita memotong bagian awal video kita/titik starnya sekarang kita akan memotong kembali untuk menentukan bagian akhir dari video kita, lakukan cara yang sama dari langkah ke 6 sampai 8.
  • Hasil akhirnya akan seperti gambar dibawah ini, yaitu terdiri dari 3 bagian video, seperti gambar dibawah, dimana bagian kedua adalah bagian yang akan saya pertahankan dan bagian 1 dan bagian 3 adalah bagian video yang akan saya hapus.

    Cara Memotong Video (Split) Membagi dua Video dengan Videopad
  • Pertama, klik kiri pada bagian 1, lalu tekan tombol delete pada keyword, otomati bagian satu akan terhapus, lakukan hal yang sama pada bagian ke 3, sampai akhirnya hanya tinggal satu bagian.

VIDEO TUTORIAL MEMOTONG VIDEO (SPLIT)



Sampai disini tutorial Memotong video dengan videopad bagian dua sudah selesai, kelebihan cara memotong video yang kedua ini adalah lebih cepat dari cara yang pertama, namun adakalanya kita menggunakan cara ini dan ada juga waktu yang tepat untuk menggunakan cara yang pertama, seperti saat kita akan memotong video dimana menit keterakhir dan menit bagian awal ingin kita satukan, untuk teman-teman yang belum mengetahui teknik memotong yang pertama.
Sebelum mengakhiri postingan ini, seperti biasa penulis akan memberikan anda sebuah video tutorial, atau sederhananya versi video dari tutorial memotong video di videopad bagian dua. Semoga kehadiran video ini dapat mempermudah teman-teman sekalian dalam memahami tutorial kita kali ini.

Ok, sekian dan terimakasih, jika ada kesalahan penulisan kata itu karena kekurangan dari penulis dan jika ada yang masih kurang jelas seputar tutorial Bagaimana Cara memotong/Membagi dua sebuah video dengan videopad bagian 2, silakan berkomentar di bawah ini, serta jangan lupa sekiranya tulisan dan tutorial ini bermanfaat untuk anda, satu komentar dari anda sangat berharga untuk saya, apalagi anda ingin membagikan tulisan ini :D.

0 komentar